Dokter Keluarga

first-aid-kit-white-icon-512x512

Era JKN saat ini merupakan keniscayaan yang harus kita manfaatkan untuk meningkatkan derajat kesehatan Bangsa. Dokter keluarga sebagai ujung tombak pelayanan JKN berperan sangat penting dalam pelayanan kesehatan dan tentu saja edukasi kesehatan kepada masyarakat.

Prinsip-prinsip pelayanan dokter keluarga diantaranya:

1. Komprehensif dan holistik

Memberikan pelayanan secara paripurna dengan menimbang rasionalitas dan mafaatnya bagi pasien. Dokter keluarga lebih mempertimbangkan siapa yang sakit daripada sekedar penyakit yang disandang.
2. Pelayanan kontak pertama dan berkesinambungan

Sebagai dokter layanan primer, DK merupakan tempat kontak pertama dengan pasien, tanpa mamandang jenis kelamin, usia, keluhan utamanya atau sistem organ yang terganggu.

3. Pelayanan promotif dan preventif

Dokter Keluarga harus berusaha meningkatkan taraf kesehatan setiap pasien yang menjadi tanggung-jawabnya.

4. Pelayanan koordinatif dan kolaboratif

Koordinasi ini dilakukan ketika pasien memerlukan beberapa konsultasi spesialistis atau pemeriksaan penunjang dalam waktu yang bersamaan. Selain itu koordinasi pun dilakukan dengan keluarga dan lingkungannya guna meningkatkan efisiensi pengobatan.

Pelayanan kolaboratif artinya bekerja sama juga dengan berbagai pihak yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan, guna mengefektifkan dan mengefisienkan pelayanan.

5. Pelayanan personal.

Titik tolak pelayanan DK adalah pelayanan personal seorang individu sebagai bagian integral dari keluarganya. Seorang individu, sekalipun menjadi bagian dari sebuah keluarga, dibenarkan mempunyai DK sendiri yang mungkin dapat berbeda atau sama dengan anggota keluarga yang lain.
6. Mempertimbangkan keluarga, komunitas, dan lingkungannya.

Pasien merupakan bagian integral dari keluarga dan komunitasnya. Kesembuhan penyakit sangat dipengaruhi lingkungannya dan sebaliknya penyakit pasien dapat mempengaruhi lingkungannya juga